Kategori Random

HTML5

Posted : 20 Januari 2012 | 04:08:00 , Dibaca 1570 kali

Beberapa waktu belakangan ini di blog-blog dan website yang menyediakan info seputar W3, sangat ramai sekali diperbincangkan tentang bahasa pemrograman standar yang tergolong masih sangat anyar alias baru di rilis, bahasa itu adalah bahasa HTML5, berbagai kelebihan dan fitur tambahan sangat dijanjikan oleh bahasa ini. Penasaran ? Berikut sekelumit info yang mudah-mudahan dapat membantu.

HTML 5 dibuat dan dikembangkan sejak tahun 2004 oleh sebuah tim yang terdiri dari para developer yang tergabung dalam WHATWG (Web Hypertext Application Technology Working Group). Hingga tulisan ini diterbitkan, belum ada informasi resmi kapan HTML 5 dirilis untuk publik dan masih dalam masa pengembangan. Ada salah satu sumber yang menyebutkan, HTML 5 akan dirilis 3 tahun mendatang.

Meskipun begitu, beberapa major browser sudah mendukung fitur-fitur HTML 5 pada versi terbaru mereka. Ada juga website-website kenamaan seperti Youtube dan Vimeo yang tidak lagi menggunakan flash dalam menampilkan video melainkan menggunakan syntag.
Apa Saja Fitur Baru HTML 5

Selama ini kita mengenal HTML adalah bahasa pemrograman markup hypertext yang digunakan untuk meletakkan elemen-elemen isi website. Dengan fitur baru HTML 5, kita dapat melakukan hal-hal yang lebih dari apa yang kita lakukan biasanya.

1. Elemen Audio dan Video

Inilah yang akan menjadi ancaman untuk Adobe Flash dan Microsoft Silverlight. Dengan menggunakan elemen dan plug in pemutar audio dan video tidak lagi dibutuhkan karena codek OGG sudah langsung mengenalinya. Memasukkan file audio/video ke dalam halaman web tentu akan menjadi semakin mudah.

2. Elemen Canvas

Seperti namanya, elemen ini digunakan untuk menggambar objek di halaman web tanpa menggunakan flash maupun applet Java. Canvas merender script yang kita tuliskan menjadi gambar bitmap. Inilah elemen yang paling nggak aku sukai. Aku membayangkan, jika ingin membuat sebuah objek persegi, kita harus menuliskan deretan atribut canvas beserta valuenya layaknya action script di flash.

3. Local Storage

Ini dia fitur yang pernah diperbincangkan di poadcast temanmacet oleh Ronald Wida dengan Richard Fang, episode 31. Mengutip dari percakapan tersebut, Ronald menjelaskan local storage ini bukan sekedar cookies biasa. Fitur ini mampu menyimpan data dalam ukuran besar sekaligus. Misalnya jika kamu sedang membuka Feed situs-situs favorit di Google Reader, kamu bisa membaca seluruh isi Feed langganan kamu dalam offline mode. Hebat sekali bukan?

4. Web Workers

Ini adalah semacam para pekerja virtual yang bertugas menjalankan script dibelakang layar. Kemampuannya adalah membantu web yang kelebihan berat badan akibat memaikai terlalu banyak java script sehingga mampu berlari kencang, wus.. wus.. wus..

Itu tadi 4 fitur utama HTML 5 yang luar biasa. Sekali lagi HTML 5 bukan sekedar pemrograman markup hypertext yang digunakan untuk meletakkan elemen-elemen isi website, melainkan lebih dari itu. Sudah tidak sabar ingin mengimplementasikan HTML 5? atau sekedar ingin mencicipi? Berikut tautan bermanfaat yang memandu anda mempelajari HTML 5 lebih dalam.

Postingan Terkait
» Membuat Text Slider Testimonial dengan JQuery Cycle Plugin ( 10 Mar 2015 | 16:06:41 , 2878 hits )
» Sorter Data Tabel MySQL berdasarkan judul dengan JQuery Table.Sorter ( 23 Feb 2015 | 09:42:55 , 3686 hits )
» Memasang JQuery Isotope pada tampilan portofolio item ( 30 Jan 2015 | 19:24:28 , 1782 hits )
» Membuat SyntaxHighlighter pada website ( 30 Jan 2015 | 04:28:10 , 1404 hits )
» jQuery Mobile ( 20 Jan 2012 | 04:08:00 , 1892 hits )